advertisement
Strategi Pembelajaran True Or False

Strategi Pembelajaran True Or False. True Or False adalah strategi pembelajaran dengan menggunakan kartu yang berisi pernyataan-pernyataan benar dan salah yang diberikan kepada masing-masing peserta didik untuk dijawabnya.

Kelebihan Strategi Pembelajaran True Or False:
1. Dapat mengaktifkan seluruh peserta didik.
2. Melatih peserta didik untuk mengemukakan pendapatnya.
3. Melatih peserta didik menghargai pendapat orang lain.
4. Dapat dilakukan untuk semua jenjang pendidikan.

Kelemahan Strategi Pembelajaran True Or False:
1. Memerlukan waktu lama untuk menghabiskan seluruh pernyataan.
2. Sulit membuat daftar pernyataan yang bersifat aktual dan faktual.
3. Siswa sulit mejawab pernyataan yang ada, sehingga kelas menjadi gaduh.

Langkah-langkah:
Manurut Silberman (2007:22), Langkah-langkah Strategi Pembelajaran True Or False adalah sebagai berikut:

  1. Pendidik membuat daftar pernyataan yang sesuai dengan materi pelajaran, yang isinya benar dan salah. Pernyataan ditulis dalam kartu indeks masing-masing secara terpisah dan pastikan jumlah pernyataan tersebut sesuai dengan jumlah peserta didik.
  2. Bagikan kartu masing-masing satu kepada peserta didik. Pendidik menginformasikan kepada peserta didik bahwa tujuan pembelajaran kali ini adalah peserta didik mampu membedakan mana pernyataan yang benar dan yang salah, untuk mencapai tujuan tersebut peserta didik boleh menggunakan berbagai cara, termasuk membuka buku.
  3. Ketika mata pelajaran selesai, mintalah masing-masing peserta didik membaca kartu yang diperolehnya dan dapatkan opini kelas tentang pernyataan itu benar atau salah.
  4. Pendidik memberikan tanggapan tentang kebenaran atau kesalahan untuk masing-masing kartu tersebut.
  5. Pendidik memberikan kesimpulan.


Catatan:

  • Sebelum kegiatan dimulai, tunjuklah beberapa peserta didik untuk menjadi pengamat, yakni mengamati apakah pernyataan yang diberikan termasuk dalam kategori pernyataan benar atau salah. Mintalah pengamat memberikan tanggapan atas jawaban yang diberikan.
  • Usahakan pendidik menggunakan pernyataan yang sifatnya aktual dan fakta.
  • Strategi ini cocok dikolaborasikan dengan strategi lain agar lebih efektif.

Sekian artikel dengan judul Strategi Pembelajaran True Or False semoga dapat bermanfaat.

Sumber rujukan: Silberman, Melvin L. 2007. Active Learning (diterjemahkan Sarjuli.dkk). Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.